Saturday, 2 June 2007

Curahan hati PAPa dan MAma

Curhat Para Orang TuaAnakku yang kusayangi………
Pada suatu saat dikala kamu menyadaribahwa aku telah menjadi sangat tua,
cobalah berlaku sabar dan cobalahmengerti aku.
Jika banyak makanan yang tercecerdikala aku makan….…Jika aku mendapat kesulitan dalammengenakan pakaianku sendiri……sabarlah !Kenanglah saat-saat dimana akumeluangkan waktuku untuk mengajarimutentang segala hal yang kau perlu tahu,ketika kau masih kecil.
Jika aku mengulang mengatakan hal yangsama berpuluh kali, janganmenghentikanku! Dengarlah aku !Ketika kau kecil, kau selalu memintakumembacakanmu cerita yang sama berulang-ulang, dari malam yang satu ke malamyang lain hinga kau tertidur.
Dan akulakukan itu untukmu !Jika aku enggan mandi, janganmemarahiku dan jangan katakan kepadakubahwa itu memalukan.
Ingatlah berapa banyak pengertian yangkuberikan padamu menyuruhmu mandidikala kecilmu.
Aku mengajarimu banyak hal …. Caramakan yang baik……cara berpakaian yangbaik…….berperilaku yangbaik………..bagaimana menghadapi problemdalam kehidupan…..Jika terkadang aku menjadi pelupa danaku tidak dapat mengerti dan mengikutipembicaraan, beri aku waktu untukmengingat dan jika aku gagalmelakukannya jangan sombong danmemarahiku, karena yang penting bagikuadalah….aku dapat bersamamu dan dapatberbicara padamu.
Jika aku tak mau makan, jangan paksaaku !Aku tahu bilamana aku lapar dan kapanaku tak lapar.Ketika kakiku tak lagi mampu menyanggatubuhku, untuk bergerak sepertisebelumnya…..…Bantulah aku dengan cara yang samaketika aku merengkuhmu dalam tanganku,mengajarimu melakukan langkah-langkahpertamamu……Dan kala suatu saat nanti, ketika akukatakan padamu bahwa aku tak lagi inginhidup…………, ketika aku ingin mati…..,jangan marah…, karena pada saatnyananti kau juga akan mengerti !Cobalah untuk mengerti bahwa pada usiatertentu, kita tidak benar-benar “hidup” lagi, kita hanya “tidakmati”.
Suatu hari kelak kau akan mengertibahwa di samping semua kesalahan yangaku buat, aku selalu ingin apa yangterbaik bagimu dan bahwa aku siapkandasar bagi perkembangan dan kehidupanmukelak.
Kau tak usah merasa sedih, tidakberuntung atau gagal di hadapankumelihat kondisiku dan usia ku yangsudah bertambah tua.
Kau harus ada didekatku, mencobamengerti aku bahwa hidupku adalahbagimu, bagi kesuksesanmu, seperti apayang kulakukan pada saat kau lahir.
Bantulah aku untuk berjalan, bantulahaku pada akhir hidupku dengan cinta dankesabaran.
Satu hal yang membuatku harusberterimakasih padamu adalah senyum dankecintanmu padaku.
Aku mencintaimu anakku………Ayahmu, ibumu

No comments: